Mau Jadi Leader itu ada ilmunya

Beranda Aceh - Alhamdulillah akhirnya setelah menunggu 9 bulan, Akhirnya dapat juga Izajah (Svendebrev) yang saya tunggu tunggu. Dua tahun sekolah dan 9 bulan peratik adalah waktu yg termasuk agak panjang untuk sebuah pendidikan.

Kalau orang melihat izajah ini pasti ada yang beranggapan bahwa sekolah yang saya tempuh adalah bagian mesin, begitu juga kebanyakan orang di Denmark ketika melihat izajah ini.

Dimana mana memang yg namanya Plant operator (Industrioperation) itu pasti berkaitan dengan mesin atau alat berat, tapi tidaklah sama dengan apa yang saya pelajari selama 2 tahun 9 bulan ini.

Sekolah ini adalah sekolah Pilot (percobaan) dari kementerian pendidikan Denmark, dalam arti kata jurusan ini adalah jurusan yang pertama kali ada di Denmark, tapi dibawan Pendidikan Industri.

Walau bagaimanapun sekolah ini mendapat tingkat no 3 dari 8 tingkat di EQF (The Europion Framework) Apa itu EQF

"The European Qualifications Framework (EQF) is a translation tool that helps communication and comparison between qualifications systems in Europe. Its eight common European reference levels are described in terms of learning outcomes: knowledge, skills and competences. This allows any national qualifications systems, national qualifications frameworks (NQFs) and  qualifications in Europe to relate to the EQF levels. Learners, graduates, providers and employers can use these levels to understand and compare qualifications awarded in different countries and by different education and training systems" Untuk lebih jelasnya anda bisa klik di link ini the EQF".

Biasanya nilai rata-rata dan standar Europa adalah 12, tapi sekolah ini cuma bisa dapat 7 untuk nilai paling tinggi, kalau dikatakan susah, ya tidak juga, kalau dikatakan gampang ya gak juga. Tapi kalau orang hoby bagian Leadership disebuah perusahaan maka sekolah ini adalah sekolah yg sangat tepat untuk mereka.


Sekolah ini bukan sekolah sekolah mengoprasikan mesin, tapi sekolah bagaimana mengoprasikan sebuah perusahaan. Mata pelajarang yg disuguhkanpun selalu yang menyangkut dengan ekonomi, seperti lean tools, SIPOC (suppliers, inputs, process, outputs, and customers ), FIFO (First In First Out), Fishbone Diagram, dan banyak lagi Lean tools yang harus dipelajari.


Lean tools ini tentu sangat berguna didalam sebuah perusahaan, karena tanpa tools ini, sebuah perusahaan tidak akan bisa kemana mana, Toyota telah membuktikan bahwa tools ciptaan mereka ini telah membawa perusaan Toyota menjadi perusahaan mobil yang paling berjaya di jagat raya ini.

walaupun begitu, dari semua pelajaran itu ada yang paling penting, yaitu Human resources dan Komunikasi, sebab untuk menjadi seorang leader itu bukannya mudah. Mereka harus tau bagaimana mengkoordinir pekerjanya agar tidak stress, tidak sakit dan tidak ada konflik.

Kedua modul ini sangat penting dan sangat berkaitan antara satu sama lain, kalau kita mau berhasil dalam memimpin perusahaan atau memimpin sebuah negara, negeri, daerah atau kampung sekalipun, maka kita haruslah mengerti akan hal yang dua ini. Biasanya sebuah perusahaan bisa bangkrut atau sering ada konflik, disebabkan pemimpin perusahaan itu kurang pengetahuannya tentang Human resource dan Komunikasi. 

Selama dua tahun kita di godok dalam hal ini, dan selama 6 bulan diberi kesempatan untuk mengimplementasikan ilmu yg ada di tempat kerja, barulah bisa mendapat Izajah.

Alhamdulillah semuanya sudah selesai dan semoga bisa berguna kelak untuk orang lain, karena sebuah ilmu tidak akan ada harganya kalau kita tidak bisa memberikannya kepada orang lain.

Mari kita belajar lebih banyak lagi, karena menuntut ilmu itu tidak ada batasnya, dan ilmu itu tidak akan pernah habisnya, selama kita mau menimbanya, Allah sengaja menurunkan ayat pertama ke dunia ini adalah ayat yang berhubungan dengan "belajar" yaitu Iqra'. Jadi tidak ada salahnya kita belajar terus walau umur kita sudah meningkat. /Habib 
Previous Post Next Post

نموذج الاتصال